Peralatan Yang Dibutuhkan Saat Darurat

Bencana bisa datang kapan saja tanpa kita sadari ataupun kita duga sebelumnya. Bila bencana besar datang menimpa maka kita terpaksa mengungsi demi menjaga keselamatan diri dan keluarga kita. Dalam kondisi bencana, aktivitas perekonomian dan layanan publik lumpuh. Maka agar kita tetap bisa bertahan hidup seharusnya kita mempersiapkan diri dan keluarga sebaik mungkin di antaranya dengan mempersiapkan perlengkapan dalam situasi darurat, antara lain :

Air minum

Manusia bisa hidup tanpa makanan tapi tanpa air kita semua akan mati. Agar kita tidak mengalami dehidrasi atau keracunan air maka pasokan air bersih harus benar-benar diperhatikan oleh karena itu alat masak portable untuk memasak air sangat dibutuhkan. Jika memang sulit membawa alat masak portable, bisa diganti dengan membawa penjernih air portable seperti LifeStraw yang airnya bisa langsung diminum.

Lifestraw_Portable_Water_Filtration_System_4

Lifestraw memungkin kita langsung meminum air tanpa dimasak

Makanan

Makanan untuk kondisi darurat yang dibutuhkan adalah makanan yang dapat bertahan lama dengan waktu penyajian yang cepat. Pilih makanan yang dikemas dengan rapat dan baik, perhatikan tanggal kadaluarsa. Umumnya mie instan menjadi makanan darurat pilihan karena tahan lama dan waktu penyajian yang cepat. Kue-kue kering juga bisa menjadi pilihan yang tepat karena bisa disajikan tanpa perlu persiapan lagi.

indomie

Mie instan menjadi salah satu makanan andalan saat darurat

Multivitamin

Karena makanan darurat tidak memiliki kandungan gizi yang baik maka persediaan kapsul atau tablet multivitamin menjadi alternatif untuk menjaga tubuh kita tetap sehat dan fit.

multivitamins

Multivitamin sebagi alternatif vitamin agar tubuh tetap fit dan sehat

Cahaya

Senter adalah salah satu perangkat darurat yang tak boleh dilupakan. Di sarankan memiliki senter yang berlampu LED karena lebih terang dan lebih hemat energi. Senter seperti yang digunakan kepolisian sangat direkomendasikan karena dapat digunakan pula untuk membela diri.

senter

Senter polisi selain sebagai senter juga sebagai alat beladiri

Kotak P3K

Pada saat bencana seringkali kita mengalami kecelakaan hingga terluka. Adanya kotak P3K setidaknya menjadi pertolongan pertama dalam menghadapi kecelakaan sebelum paramedis mengobati kita.

Daftar-Isi-Kotak-P3K

Daftar isi kotak P3K

Masker

Bencana seperti kebakaran dan gunung meletus menimbulkan asap dan polusi yang luar biasa. Perlu disediakan masker untuk menjaga kesehatan pernapasan kita selama polusi tersebut belum hilang.

masker1

Masker untuk melindungi pernapasan

Alat Perkakas

Perkakas seperti pisau serbagunan atau pisau lipat swiss sebaiknya kita miliki karena dengan perkakas ini memudahkan kita untuk melakukan kegiatan memasak, memperbaiki barang, memotong, dan juga membela diri.

swiss

Pisau swiss army adalah alternatif tepat perkakas komplet dalam satu alat

Radio

Media komunikasi yang cepat pulih biasanya adalah radio. Maka pastikan kita memiliki radio portable untuk menjaga kita tetap selalu mengikuti informasi perkembangan bencana.

51204

Radio portable

Alat sanitasi

Perlengkapan untuk kebutuhan bulanan wanita, tisu basah, cairan disinfektan serta popok sekali pakai jangan pula terlewatkan.

pembalut

Salah satu alat sanitasi yang dibutuhkan saat mengungsi

Dokumen

Dokumen penting sebelum diletakkan di dalam folder dokumen dengan rapih sehingga saat terjadi bencana dapat dengan mudah diselamatkan.

folder

Folder dokumen penting

Uang tunai

Uang tunai secukupnya diperlukan untuk membeli barang-barang yang diperlukan jika kita kehabisan barang yang sifatnya darurat.

0800374-uang-rupiah-780x390

Uang tunai untuk membeli barang darurat

Kunci Duplikat

Jangan lupa untuk menduplikasi kunci rumah dan mobil Anda.

kunci

Kunci duplikat

Mainan Anak

Memiliki anak saat mengungsi bisa sangat merepotkan. APalagi kalau sedang ngambek atau menangis, membawa mainan kesukaan anak adalah salah satu cara untuk mengatasinya.

mainan anak

Mainan anak agar anak tidak menangis saat mengungsi

Pakan Hewan

Bagi yang memiliki hewan piaraan, pastikan juga membawa makanan yang cukup selama masa darurat.

makanan-kucing

Makanan hewan

 

Related Posts

About The Author

Add Comment