Gempa bumi 5 SR mengguncang Timor Tengah Selatan

Berdasarkan informasi Kepala BMKG Kupang / Koordinator BMKG NTT, Hasanudin, di Kupang di informasikan bahwa telah terjadi gempa bumi pada pukul 21.12 WITA pada Senin 26 Juni 2017 yang mengguncang wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT dengan kekuatan 5 pada Skala Richter.

Diperkirakan gempa terjadi pada koordinat 9,75 lintang selatan dan 124,62 bujur timur atau kira-kira berjarak 22 km dari arah timur laut wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan, dengan kedalaman pusat gempa adalah 10 km.

Sampai saat ini belum ada laporan yang masuk mengenai akibat dari gempa tersebut, sebagaian juga menyatakan bahwa gempa dirasakan pula di Kabupaten Timor Tengah Utama. Gempa ini tidak menimbulkan tsunami di wilayah yang terdampak.

Namun demikian gempa ini menimbulkan ketakutan bagi warga sehingga mereka berhamburan keluar rumah menyelamatkan diri.

“Kami sementara nonton TV, tiba tiba gempa bumi sangat kuat sehingga kami bersama warga lainnya lari berhamburan keluar rumah,” kata Guido Suni, warga Peboko, Kelurahan Kefamenanu Utara, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten TTU, kepada Kompas com, Senin (26/6/2017).

Guido mengaku belum mengecek kerusakan bangunan yang ditimbulkan akibat getaran gempa itu.

Sekretaris Kecamatan Boking Kabupaten TTS Yusli Benu mengaku belum mendapat informasi mengenai kerusakan yang terjadi akibat gempa.

“Gempa barusan terjadi 15 menit yang lalu dan saat ini saya masih cek kondisi bangunan rumah warga dan bangunan pemerintah,” kata Yusli.

Ia berjanji akan menyampaikan informasi lanjutan bila menemukan kerusakan bangunan.

***

Pariwara :

Related Posts

About The Author